Menghilangkan imajinasi negatif anak kita


24th of September, 2012.


Dunia anak adalah dunia imajinasi, banyak perilaku anak kita yang dimotivasi oleh imajinasi yang ada di pikirannya. Dan jika imajinasi anak ternyata adalah imajinasi yang negatif dan merugikan maka akan lebih efektif mengubah imajinasi tersebut dengan memasukan imajinasi positif untuk meng-counter imajinasi negatif tersebut. Misalkan anak kita tidak suka makan nasi, hal ini kemungkinan karena suatu peristiwa yang anak kita alami, yang menggambarkan bahwa nasi itu menggelikan, menakutkan atau imajinasi negatif sejenisnya. Kita sebagai orang tua bisa memaksa atau bahkan memarahi anak tetap makan nasi, tapi cara paling efektif adalah mengubah persepsi dan imajinasi anak tentang nasi tersebut, dan membuat nasi menjadi sesuatu yang menyenangkan baginya.

 Berikut beberapa informasi yang mungkin berguna:

1. Dunia anak adalah dunia imajinasi, hal-hal kecil yang dilihat, didengar maupun dirasakan anak akan menjadi sangat besar dikepalanya.

2. Cara paling efektif untuk menghilangkan imajinasi negatif adalah dengan memasukan imajinasi positif yang lebih kuat.

3. Kita sebagai orang tua, harus menjadi partner dan mentor anak dalam berimajinasi.

4. Memasukan imajinasi positif paling efektif masuk pada saat yang mneyenangkan seperti saat bermain, bercerita, menggambar atau aktivitas lain yang exiting bagi anak.

Contoh memasukan imajinasi positif pada anak kita yang takut akan monster seram yang ada dibawah tempat tidurnya, dengan cara menggambar.

Step 1. Mintalah anak kita untuk menggambar monster seram tersebut di atas kertas, pandulah anak untuk menggambarnya seseram mungkin seperti yang ada dipikirannya.
Step 2. Setelah selesai, mintalah dia mengkomentari gambar tersebut, apakah seseram yang ada dipikirannya. Kalau belum, mintalah dia menambah sesuatu agar lebih seram, kalau sudah, kita ke step 3.
step 3. Pandulah anak kita untuk menambah sesuatu digambar tersebut agar menjadi lucu, bisa dengan memberinya topi, kacamata, cemong atau membuat mulut monster tsb tersenyum.
Bisa ditambahkan dengan cerita-cerita lucu mengenai aktivitas monster tsb. Intinya adalah kita harus mengubah persepsi monster seram tersebut menjadi monster lucu.

Selamat mencoba
www.terapis-pribadiku.web.id








[Back]

 

 




Foto Minggu Ini
my daughter

my daughter

album : My and My Baby