Pemberian Susu SGM


16th of March, 2008.


TANYA (ibu Masruriyatin):

Anak saya 7 bulan, seminggu kemarin habis mencret, di karenakan tidak cocok susu SGM, biasanya susu enfapro.
Sekarang dia sudah sembuh, dan suami saya berinisiatif untuk kembali ke susu enfapro tapi di campur susu laktogen. Sebenarnya saya tidak setuju, krn dia barusan sembuh dr mencret krn nggak cocok susu. Dari pada suami marah saya biarkan. Bagaimana ya? Apakah tidak masalah jika di beri  2 produk susu yang berbeda? terima kasih atas responnya'

JAWAB (dr. Anne):

Berdasarkan dari keluhan yang terjadi pada bayi Ibu berikut sedikit penjelasan kami:

Diare yang terjadi pada bayi biasanya diakibatkan in-toleransi terhadap laktosa dan ada juga kemungkinan infeksi sehingga pada akhirnya mengakibatkan in-telorensi terhadap laktosa.

Tetapi bila dilihat dari usia bayi ibu ada kemungkinan yang terjadi adalah infeksi yang biasanya diikuti dengan gejala: diare, panas, muntah, hal tersebut diakibatkan oleh bakteri/virus yang masuk ke dalam tubuh bayi. Virus/bakteri yang masuk dapat melalui makanan, minuman ataupun alat makan yang digunakan terhadap bayi.

Menanggapi keluhan Ibu apabila yang terjadi adalah dikarenakan infeksi maka susu Enfapro (susu lainnya) dapat diberikan kembali kepada bayi Ibu, dengan cara pemberiannya secara bertahap, dalam arti dengan memberikan susu dengan kadar pengenceran (1:2), tetapi apabila gejalanya in-toleransi terhadap laktosa ada baiknya susu diganti dengan susu bebas Laktosa.

Demikian penjelasan dari kami, semoga dapat bermanfaat.
Semoga bayi Ibu dapat sehat kembali.

Jika anda ada pertanyaan seputar masalah kesehatan baik anda sendiri maupun balita anda, silahkan kirimkan email ke kami di dokterkita@ibudananak.com. Terimakasih



[Back]

 

 




Foto Minggu Ini
KAHLA WITH MOM DAD
My little baby.... I love u
KAHLA WITH MOM DAD

album : LITTLE FAMILY