Saat si Kecil Tumbuh Gigi!


27th of February, 2008.

Pada saat si kecil mulai tumbuh gigi,reaksinya beraneka ragam. Gejalanya bermacam macam pada setiap anak, tergantung daya tahan tubuh dan ketahanan anak akan rasa sakit. Gejala umumnya biasa ditemui adalah gatal pada gusi, rewel, gusi kemerahan dan si kecilpun jadi tidak napsu makan. Malah kadang disertai demam.
Gusi terasa gatal.
Biasanya si kecil jadi suka sekali menggigit benda benada yang dipegangnya. Berikan lah biskuit bayi yang agak kerjas tapi akan hancur jika terkena air liur,sehingga tidak membahayakan, atau berikan  mainan khusus bayi yang bisa ia gigit dan tidak bisa membahayakan.Bisa juga anda memberikan baby wortel yang direbus untuk dijadikan benda gigitan si kecil, selain sehat juga mengajari si kecil suka akan sayuran.

Rewel
Keadaan gatal pada gusi membuat bayi merasa tak nyaman. Akibatnya bayi yang baru tumbuh gigi hampir selalu rewel. Hanya sentuhan dan pelukan ketenangan anda yang akan membuatnya nyaman, gendonglah beberapa saat alihkan perhatiannya dari rasa tidak nyaman dengan bermain bersama.
Gusi tampak kemerahan.
Cek Gusi si kecil saat anda merasa ia agak rewel dan mulai menggigit semua benda disekitarnya. Gusi yang tampak kemerahan menunjukan kemungkinan ia akan tumbuh gigi.
Tidak nafsu makan.
Perasaan tak enak di mulut karena tumbuh gigi bisa membuat anak malas makan atau mengunyah. Meski demikian anak tetap harus makan. Berikan si kecil makan walau sedikit sedikit tapi sering.
Demam
Biasanya pada saat tumbuh gigi akan disertai demam pada anak. Tapi tidak usah khawatir karena demamnya tidak akan begitu tinggi, jika terjadi demam tinggi segera periksakan ke dokter anak untuk mengetahui penyebab lainnya.





[Back]

 

 




Foto Minggu Ini
Alifha 1 hari
Alifha 1 Hari
Alifha 1 hari

album : Alifha