Hemat Energi Mulai dari Rumah


11th of November, 2008.


Hemat energi di rumah bukan hanya masalah penghematan dalam pengeluaran rumah tangga. Berhemat energi berarti kita memperpanjang usia bumi dimana kita hidup, karena itu berhemat energilah mulai dari sekarang dari rumah anda dimana anda tinggal.

Salah satu 'energi' yang harus kita hemat adalah listrik. Mengapa? Karena listrik yang mensuplai rumah kita sebagian besar berasal dari pembangkit listrik yang mempergunakan bahan tambang yang tak dapat diperbarui, sebutlah batubara dan minyak diesel. Bahan tambang yang digunakan sebagai pembangkit tenaga listrik selain akan habis juga menghasilkan karbondioksida (gas) dari hasil pembakarannya. Gas yang dihasilkan inilah yang akan membuat efek gas rumah kaca yang menyebabkan terjadinya pemanasan global yang pada akhirnya menimbulkan perubahan iklim. (see:climatechange)

climate changePemanasan global menyebabkan es mencair di daerah kutub, menyebabkan cuaca yang tidak menentu dihampir semua wilayah (negara). Walaupun secara tak langsung salah satunya yang menyebabkan banjir dimana-mana di wilayah negara kita. Lantas apa yang dapat kita lakukan? Kita sebenarnya dapat merencanakan penghematan energi mulai dari perencanaan dalam pembangunan rumah, mulai dari perletakan bukaan (jendela dan pintu), lubang-lubang ventilasi, penggunaan bahan bangunan, bentuk bangunan, bentuk atap dan lainnya. Selain itu pendidikan mengenai lingkungan merupakan dasar dari kita bertindak selain juga mendisiplinkan diri terhadap kegiatan-kegiatan yang menuju penghematan energi.

Misalnya mematikan alat-alat listrik rumah tangga yang tidak diperlukan, mematikan lampu, kipas angin, atau televisi jika memang tidak digunakan. Mengganti lampu-lampu dengan yang hemat energi, membuat persediaan air panas dalam botol tahan panas (termos) sehingga tidak perlu setiap waktu memasak air, maksimalkan kegunaan bukaan (jendela) dan ventilasi sehingga kita tidak perlu menyalakan AC atau kipas angin, gunakan juga bahan pakaian yang tidak menyerap panas berlebihan dan masih banyak contoh kegiatan penghematan energi sehari-hari lainnya.

Akhir kata dapat kami sampaikan, penghematan energi terutama listrik bisa dimulai dari diri kita di rumah kita sendiri. Jika kita mulai sejak dini mendisiplinkan diri sendiri untuk selalu berhemat energi dan selalu berpikir jauh kedepan maka saya percaya bumi kita ini akan hidup lebih lama lagi, kerusakan dapat diperkecil bahkan diperbaiki. Karena itu marilah kita selalu berprinsip "Think Globally Do Locally". Sudahkah kita memulainya? (B)

image : cache.eb.com




[Back]

 

 
Comments :

HEMAT ENERGI YUK? (23rd of January, 2008 by b0cah)
beberapa cara melakukan hemat energi dapat dilihat di sini http://b0cah.org/index.php?option=com_content&task=view&id=67&Itemid=40 semoga bermanfaat

 
 




Foto Minggu Ini
daiva19

daiva19

album : agustus 2008