10 Hal yang musti dihindari saat hamil kembar


18th of January, 2008.

Hamil dan melakukan banyak aktifitas? Itu biasa. Hamil kembar atau lebih dan melakukan banyak aktivitas? Oh..oh… musti dilihat dulu mom’s. Karena jika anda dalam keadaan hamil kembar atau lebih merupakan kategori yang berbeda.  Banyak hal yang harus anda control dan hindari. Dibawah ini adalah 10 hal yang lebih baik anda hindari jika anda dalam keadaan hamil kembar untuk mengurangi resiko.

1.     
Melakukan aktivitas yang memiliki resiko tinggi. Jika anda seorang petualang dan senang untuk melakukan perjalanan. Lebih baik menunda kegiatan berat anda selama kehamilan. Bagaimanapun tubuh anda dalam keadaan yang berbeda, karena tidak hanya satu tapi ada dua atau lebih manusia didalamnya. Dan yang pasti kondisi tubuh tidak akan menopang anda untuk melakukan hal yang berat.

2.      Makan terlalu sedikit.  Moms mungkin sering mendengar kalimat “makan untuk berdua” saat kehamilan. Tapi jika anda memiliki bayi kembar, anda harus makan untuk ber’3’ atau lebih. Jadi penuhkan isi piring anda dan makanlah makanan yang bergizi tinggi.

3.      Kebanyakan Makan. Ini memang kebalikan nya, walau anda disarankan untuk memenuhkan isi piring untuk ‘makan bertiga’ atau lebih bukan berarti anda harus makan seperti orang kalap. Hindari junk food, permen, soda, dan makanan manis lainnya. Perbanyaklah mengkonsumsi sayur dan buah buahan, yang mengandung protein dan kalori.

4.      Tidak hanya makanan yang anda butuhkan tapi juga minum! Kehamilan anda membutuhkan banyak sekali cairan terutama air untuk membantu sirkulasi darah. Dehidrasi hanya akan memicu kontraksi dan premature. Dan tentu saja hal ini sangat beresiko tinggi.

5.      Olahraga cepat. Hindari olahraga yang melakukan gerakan cepat seperti aerobic, dance, lari. Tanyakan pada dokter anda, kira kira olahraga yang tepat dan tidak membuat  jantung dan otot anda kelelahan.

6.      Say big no no to alcohol and  Cigarret. Alkohol dan rokok? Wah lupakan saja. Dua hal tersebut hanya menyisakan racun didalam tubuh dan hanya membuat bayi anda menderita karena beresiko mendapatkan penyakit yang kronis.

7.      Berendam dalam air panas. Kedengarannya begitu menenangkan saat pulang kerumah dan dapat berendam dalam air panas di bathtub. Penelitian menunjukan bahwa dengan sering berendam dalam air panas dapat menyebabkan keguguran di trimester pertama.  Perubahan suhu yang terlalu cepat dapat membuat si ibu seolah terkena demam dan hal ini dapat meningkatkan resiko pada saat kelahiran bayi.

8.      Membersihkan kotoran binatang peliharaan. Tidak dilarang kok untuk memiliki binatang peliharaan. Tapi lebih baik anda menghindari burung,kucing, kura kura atau binantang lainnya saat dalam keadaan hamil. Jika harus membersihkan kotoran mereka, mintalah orang lain untuk melakukannya. Karena binatang peliharaan dapat membawa toksoplasma dan hal itu berbahaya untuk kehamilan anda. Mungkin anda bisa menitipkannya sebentar pada teman dan keluarga selama anda hamil.

9.      kelelahan. Hamil kembar akan menyedot tenaga anda jadi tidak akan banyak energi yang tersisa saat anda melakukan aktivitas rutin. Jika anda merasa cepat lelah atau kelelahan, segera istirahat. Jangan memaksakan diri untuk melakukan tugas rutin anda, mintalah bantuan orang lain untuk melakukannya.

10.  mengabaikan tanda tanda.  Ketika anda mengalami hamil kembar, resiko premature sangat tinggi. Jadi jangan berpikir  “itu tidak akan terjadi pada saya”. Segera hubungi dokter jika mengalami tanda tanda kram, kontraksi, sakit dibagian vagina atau sakit pada bagian pelvic.






[Back]

 

 




Foto Minggu Ini
gi senyum ma mamah

gi senyum ma mamah

album : Savero