Yoga untuk anak?


20th of August, 2007.

Siapa bilang anak anak tidak bisa stress, apalagi di jaman sekarang yang kita sebagai orang tua yang sudah sibuk menjejali anak dengan segala kegiatan, alih-alih untuk kebaikan anak itu sendiri di masa depan. Ternyata banyak sekali anak-anak yang mengalami stress dan tentu saja hal ini mengkhawatirkan untuk kondisi psikisnya.

Salah satu solusinya adalah dengan Yoga. Karena dengan Yoga manfaatnya akan dirasakan pada fisik,
mental dan spiritual.

Menurut Riana A Singgih, intruktur Yoga dari Studio Yoga Light, Jakarta, secara fisik, yoga anak dapat meningkatkan kebugaran, struktur tulang menjadi lebih kuat, dan postur tubuh menjadi lebih bagus, serta meningkatkan derajat kesehatan pada umumnya dan secara tidak langsung akan meningkatkan kepercayaan diri si anak.

Yoga juga mengoptimalkan penggunaan otak kiri dan kanan sehingga intelektualitasnya bisa lebih terasah dan singkronisasi ini akan memudahkan anak untuk menggali potensi yang dimilikinya.

Yoga juga bermanfaat untuk membentuk emosional anak yang seimbang. Ini lantaran yoga mengajarkan anak supaya menjadi manusia yang baik, mengajarkan bagaimana menghargai diri sendiri dan semua ciptaan Tuhan dan sebagainya.

Kapan sih si kecil bisa diajarkan Yoga? Anak yang berusia minimal 4 tahun sudah dapat belajar Yoga. Yoga untuk anak sebenarnya adalah Yoga pose yang diajarkan lebih attractive, misalnya dengan melakukan story telling alias mendongeng. Dari dongeng dongeng itulah  pose pose diajarkan. Misalnya ketika berkisah tentang hutan, anak anak diajari pose seperti macan, pohon, anjing, ular cobra. Itu tidak membutuhkan koreksi atas tulang tubuh mereka karena masih belum kuat untuk melakukan pose normal. Pose-pose yang benar baru diajarkan pada kelas 9 tahun keatas, dimana kondisi tubuhnya sudah siap.

Frekuansi latihan untuk anak anak disarankan berlatih yoga sebanyak 2 sampai 3 kali seminggu. Bagi anak untuk usia 4 sampai 8 tahun cukup 30 menit sekali berlatih.
Dimana sih tempat berlatihnya?

Anda dapat menghubungi Studio Yoga Light
Jl. Teuku Nyak Afief no. 10, Ruko Simprug Galeri W Jakarta. (021 7396904) atau melalui situs www.yogalight.org




[Back]

 

 




Foto Minggu Ini
Orang Jepang

Orang Jepang

album : Abina Beryl