Fast Walking, Cara Murmer Untuk Langsing

Anda bukan tipe orang yang keranjingan olahraga? Tapi ingin menurunkan berat badan. Ada caranya!. Coba ikuti program 7 hari berjalan cepat-nya Leslie Sansone ini.

Hari Pertama: Berjalan cepat selama 10 menit. Lakukan 3 kali sehari. Dianjurkan untuk melakukan jalan cepat (fast walking) ini sebelum waktu makan. Tujuannya agar Anda termotivasi untuk juga menerapkan pola makan yang sehat.

Hari Kedua: Berjalan cepat selama 20 menit. Lakukan 2 kali sehari

Hari Ketiga: Lakukan 1 kali 30 menit jalan cepat.

Hari Keempat: Lakukan 1 kali 45 menit jalan cepat.

Hari Kelima : Lakukan 1 kali 1 jam jalan cepat.

Hari Keenam : Lakukan 1 kali 1 jam jalan cepat.

Hari Ketujuh: Berjalanlah dengan santai selama yang anda suka. Hari ini adalah saatnya otot-otot anda beristirahat. 

Bukan Asal Cepat, Lho..! 

Mulailah dengan berjalan perlahan untuk pemanasan. Anda memerlukan 2-3 menit pemanasan jika akan melakukan 10-20 menit jalan cepat. Atau 5-7 menit pemanasan untuk jalan cepat yang lebih lama dari 20 menit. Tingkatkan kecepatan jalan anda untuk 3-5 menit berikutnya. Selanjutnya, berjalanlah secepat yang anda bisa, seolah-olah anda sedang terburu-buru. Tapi, ingat! Jangan terlalu memaksakan diri. Jika anda menggunakan treadmill, berjalanlah dengan kecepatan 3,5 mil per jam. Kemudian tingkatkan kecepatannya hingga 4 mil per jam. Lalu, selesaikan dengan1 atau 2 menit berjalan secara biasa (perlahan) untuk mengembalikan suhu tubuh dan detak jantung anda ke kondisi normal.

Untuk jalan cepat yang lebih lama 30 menit, cobalah berganti-ganti kecepatan jalan, misalnya 2 menit dengan kecepatan jalan seperti sedang terburu-buru (brisk pace) lalu jalan lebih cepat lagi untuk 3 menit berikutnya. Berjalan terburu-buru lagi, lalu jalan cepat lagi, begitu seterusnya. Mengganti kecepatan jalan secara cepat atau tiba-tiba membuat tubuh anda membakar lebih banyak kalori.

Mempertahankan Berat Badan 

Anda dapat memperpanjang program 7 hari tersebut menjadi 21 hari. Caranya, lakukan sebagaimana yang telah dijadwalkan dari hari 1 sampai hari 7. Lalu, pada minggu ke-2 mulai lagi dengan jadwal hari 1 sampai 7. Untuk minggu ke-3, lakukan urutan yang sama. Setelah 21 hari, lakukan 3 kali 30-60 menit jalan cepat dan 2 kali 10-20 menit jalan cepat setiap minggu. Tujuannya untuk mempertahankan metabolisme anda tetap tinggi dan supaya berat badan anda turun. Begitu anda memperoleh berat badan ideal (yang anda inginkan), sebaiknya tetap lakukan 30-60 menit jalan cepat setiap minggu untuk mempertahankan berat badan ideal anda itu.
Selamat berolahraga..!!! (EG – 07092006.)


Fast-Walking, Cara Murmer Utk Langsing” disarikan dari artikel Step By Step oleh Leslie Sansone dalam Women’s Day, May 31st, 2005

Leave a Reply