Esensi Menata Ruang Dalam

Berbicara tentang tata ruang dalam atau interior, sama seperti kita sedang membicarakan tentang bagian organ dalam tubuh kita.

Bagian penting yang saling bekerja sama dalam suatu tatanan yang serasi dan teratur namun tidak terlihat mekanisme kerjanya. Kita hanya melihat atau merasakan dampaknya. Misalnya saat bernafas, kita menghirup udara dan menghembuskannya kembali. Tanpa kita lihat, ternyata banyak otot-otot dalam tubuh, jantung, paru-paru, hingga butiran darah merah yang segera membawa oksigen dipompa ke seluruh bagian tubuh hingga kita merasakan proses bernafas itu tadi.

Kita tidak melihat komponen bagian dalam tubuh yang bekerja tapi kita rasakan dampaknya. Ini bisa membuat kita mengambil kesimpulan sementara, bahwa bila bagian dalam tubuh kita rusak, maka dampak di luar tubuh kita akan segera terlihat. Berangkat dari hal ini, saya mengajak agar Anda memulai langkah untuk mengorganisasi ruang dalam khususnya pada rumah Anda, seperti layaknya tatanan yang teratur pada organ dalam tubuh Anda. Karena itu tulisan singkat ini lebih menekankan aspek mendesain, atau menata ruang ketimbang mendekor ruang dengan seperangkat furniture yang tidak Anda perlu di dalam rumah Anda.

Lihat Kebutuhan Ruang Anda.

 

house-decor

house-decor

Rumah sebagai tempat Anda tinggal dan berlindung di dalamnya, terlepas Anda beli dari pengembang rumah tinggal atau Anda bengun sendiri, sebaiknya disusun sesuai kebutuhan Anda. Misalnya Anda keluarga muda dengan 2 orang anak yang masih kecil. Di sini ruang yang perlu Anda siapkan atau Anda miliki ialah ruang tidur Anda dan ruang tidur anak-anak, sebab ini yang paling penting. Bila anak Anda masih kecil dan kelaminnya sama, bisa ditempatkan pada satu ruang tidur. Bila anak Anda laki-laki dan perempuan sebaiknya sudah mulai dipikirkan pemisahan ruang untuk ke kemudian hari. Jadi disini untuk melihat kebutuhan ruang, Anda harus sudah mulai membuat kalkulasi jumlah anggota keluarga, gender, kegiatan yang paling sering dilakukan di dalam rumah dan membutuhkan ruang tersendiri, juga kemungkinan untuk menambah ruang di kemudian hari. Identifikasi kebutuhan ruang akan menuntun kita bijaksana mengatur tata ruang dalam Anda nantinya.

Menyusun Organisasi Ruang.

Sebelum kita lebih jauh membicarakan tentang isi dari penataan ruang dalam di sebuah rumah tinggal, mari kita cek lebih dulu bagaimana organisasi ruang pada rumah tinggal Anda. Cara mudah membuat susunan organisasi di dalamnya ialah sama seperti organ dalam tubuh Anda di dalamnya. Caranya ialah dengan memeriksa isi ruang dalam rumah tinggal Anda dengan membagi secara sederhana hakekat kegiatan yang terjadi di dalamnya. Umumnya kita bagi menjadi area privat (ruang tidur,ruang belajar,ruang doa), area social (ruang dapur,ruang keluarga), area publik (foyer,ruang tamu), area hiburan (misalnya ruang karaoke), area servis (jemur,garasi mobil,gudang,pembantu), dan area hijau (taman terbuka luar, taman dalam rumah – patio). Jadi setelah mengetahui kebutuhan Anda sebelumnya, Anda bisa mulai menyusun organisasi ruang pada rumah tinggal Anda. Bila kalkulasi kebutuhan Anda tidak memungkinkan Anda untuk memiliki ruang karaoke, maka Anda bisa mencoretnya dari daftar organisasi ruang Anda. Susunan yang umum ditemui pada suatu rumah tinggal ialah area hijau, publik, privat, dan servis. Sekali lagi perhatikan kebutuhan Anda lebih dulu, baru mulai menyusun organisasi ruangnya. Buatlah prioritas dengan begitu kita lebih mudah menyusun ruang di dalamnya. 

Fungsi Ruang.

Ruang tidur tentu fungsinya untuk istirahat. Dengan mengerti hal ini maka tentu kita tidak akan menempatkan secara sembrono benda-benda yang tidak ada kaitannya dengan aktivitas di dalamnya. Artinya bila kita tidak membutuhkan rak pajang di dalamnya, maka Anda tidak perlu menambahkannya. Berangkat dari sini, maka Anda bisa mulai menata komponen lain yang tepat sesuai kebutuhan Anda. Ingatlah keunikan ruang Anda tidak ditentukan oleh arsitek atau buku-buku interior manapun. Anda bisa memilih untuk bereksperimen atau bertahan sesuai apa yang Anda butuhkan. Jadi lihat apa fungsi ruang yang telah Anda susun dari organisasi ruang pada rumah tinggal Anda sebelumnya. Ruang dapur tentu saja fungsinya untuk memasak, menyimpan, dan menyiapkan hal–hal seputar masak memasak. Karena itu ia membutuhkan tersedianya jalur air bersih, jalur exhaust fan / cooker hood, rak untuk piring, dan meja persiapan. Bila ruang terbatas, sering juga meja makan berdekatan atau jadi satu dengan posisi ruang dapur. Fungsikanlah secara maksimal ruang dalam Anda sesuai kebutuhan tinggal Anda, dan pastikan furniture yang Anda beli memang diperlukan. Pemilihan warna, tipe, atau sekedar permainan cahaya dramatis bukan hal esensi bagi fungsi ruang di dalam.  

Anda adalah Raja di Rumah Tinggal Anda.

Yaap, Andalah pemegang otoritas di rumah Anda. Jadi dengan mengerti esensi singkat di atas diharapkan Anda mengerti esensi menata ruang dalam di rumah Anda sendiri. Belum lagi komponen, semisal cahaya, sirkulasi udara, dan jalur air yang penting untuk dipertimbangkan di suatu penataan rumah dan ruang dalam. Rumah tidak dinikmati dengan memperhatikan bentuk luar / tampak mukanya semata, ia dinikmati ketika kita nyaman tinggal di dalamnya. Dengan memahami makna susunan ruang di suatu rumah tinggal, Anda akan lebih mudah untuk memutuskan warna, furniture yang digunakan, atau apa saja yang ingin ditambahkan pada ruang di dalam rumah Anda. Ini tidak berarti Anda dilarang untuk meniru desain yang ada di berbagai buku panduan yang dijual. Hanya perlu dibedakan antara rumah Anda dengan ruang pamer atau galeri seni. Jadi sesuaikan lagi benar-benar, apa yang Anda butuhkan dengan mengingat hal-hal yang sudah disinggung di atas. Jangan ragu untuk mengisi ruang Anda dengan furniture harga Mangga Dua, bila memang berfungsi baik, dan memang tepat guna. Bila langkah sederhana ini dimengerti, maka meskipun Anda tidak membuat atau membeli furniture yang mahal, Anda tetap bisa mendapatkan tatanan ruang yang baik. Andalah arsitek atau interior designer bagi rumah Anda. Arsitek hadir untuk membantu, bukan penentu. Tetapi sebaliknya Anda juga harus belajar mendengarkan wawasan pengetahuan yang disampaikan ketika Anda meminta jasanya. (PY – 16032008)

Halaman ini dikelola oleh team dari d-eyeview all design one community. Bagi pengunjung yang ingin berkonsultasi secara gratis mengenai masalah arsitektur dan interior dapat melayangkan e-mail ke redaksi.interior@ibudananak.com

Leave a Reply